Tata Cara Mengkafani Jenazah

Hasil gambar untuk cara mengkafani mayit
Mengkafani merupakan kronologis dalam pengurusan untuk mayit sebelum dikebumikan/dimakamkan. Proses selanjutnya dilaksanakan setelah mayit dimandikan. Ada sebagian satu} perihal perlu dalam mengkafani, gara-gara mengkafani mayit tidak cuma asal bungkus tapi tersedia sebagian satu} cara yang mesti dilaksanakan cocok bersama syariat Islam. Berikut dari bakal dijelaskan Tata Cara Mengkafani Jenazah:
Tata Cara Mengkafani Jenazah
Tata Cara Mengkafani Jenazah

Untuk mengkafani jenazah laki-laki maka bakal memerlukan kain kafan sebanyak 3 lembar, adapun untuk jenazah perempuan sebanyak 5 lembar. Berikut cara mengkafaninya:
Tata Cara Mengkafani Jenazah – Laki-laki

Bentangkan 3 lembar kain kafan yg udah dipotong cocok ukuran sang mayit, lantas disusun, untuk kain yg paling lebar maka letakan paling bawah. Namun jikalau kain itu sama lebarnya, maka ganti kain yg ditengah ke kanan sedikit & yg paling atas ke kiri sedikit, atau mampu sebaliknya.

Berilah kain kafan wangi-wangian
Siapkan 3 – 5 utas tali, letakkan pas di bawan kain yg paling bawah.
Persiapkan kafan yg udah diberikan parfum untuk nantinya ditaruh di anggota anggota badan tertentu, pada lain sebagaimana berikut:

Bagian Manfad (lubang terus), pada lain:
Kedua mata
Hidung
Mulut
Kedua telinga
kemaluan
bagian anggota sujud, pada lain:
dahi
kedua telapak tangan
kedua lutut
jari-jari ke dua kaki
bagian persendian & anggota yg tersembunyi, pada lain:
belakangnya ke dua lutut
ketiak
belakangnya ke dua telinga
setelah siap kain kafan, maka angkat bersama hati-hati jenazahnya lantas baringkan di atas kain sebagaimana udah disebutkan di atas. Tutup anggota anggota badan tertentu, lantas selimutkan kain kafan selembar demi selembar di mulai dari kain yang teratas hingga yang paling bawah, lantas ikatlah bersama tali-tali yang udah disiapkan di bawahnya. bahkan jika anda kesulitan saat memandikan jenazah  maka anda bisa mengunjungi http://pemandianjenazah.net
Tata Cara Mengkafani Jenazah – Perempuan
bentangkan 2 lembar kain kafan yg udah dipotong cocok ukuran sang mayit, lantas letakkan kain sarung pas terhadap badan pada pusar & ke dua lututnya

persiapkan baju kurung & kerudung di tempatnya
sediakan 3 – 5 utas tali dan letakkan di paling bawah kain kafan
sediakan kapas yg udah diberikan wangi-wangian, yg nantinya ditaruh terhadap anggota badan tertentu
setelah siap kain kafan, lantas angkat dan baringkan jenazah di atasa kain kafan.

Letakkan kapas yg udah diberi parfum tadi ke area anggota tubuh seperti halnya terhadap jenazah laki-laki
Selimutkan kain sarung terhadap badan mayit, pada pusar & ke dua lutut, pasangkan baju kurung selanjutnya kain penutup kepala (kerudung). Untuk yg rambutnya panjang itu mampu dikepang menjadi 2/3, dan ditaruh di atas baju kurung tadi tepatnya di anggota dada
Terakhir selimutkan ke dua kain kafan selembar demi selembar terasa dari yg atas hingga paling bawah, lantas kuncir bersama sebagian satu} utas tali yg tadi udah disediakan.

a. Ukuran kain kafan yang digunakan.

Ukurlah lebar tubuh jenazah. Jika lebar tubuhnya 30 cm, maka lebar kain kafanyang di sediakan adalah 90 cm. 1 : 3.

b. Ukurlah tinggi tubuh jenazah

.1. Jika tinggi tubuhnya 180 cm, maka panjang kain kafannya dilengkapi 60 cm.2. Jika tinggi tubuhnya 150 cm, maka panjang kain kafannya dilengkapi 50 cm.3. Jika tinggi tubuhnya 120 cm, maka panjang kain kafannya dilengkapi 40 cm.4. Jika tinggi tubuhnya 90 cm, maka panjang kain kafannya dilengkapi 30 cm.5. Tambahan panjang kain kafan ditujukan supaya gampang mengikat anggota ataskepalanya dan anggota bawahnya.

c. Tata cara mengkafani.1. Jenazah laki-laki.

Jenazah laki-laki dibalut bersama tiga lapis kain kafan. Berdasar bersama hadits.
“Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wasallam dikafani bersama 3 helai kain sahuliyah
yang putih bersih dari kapas, tanpa tersedia baju dan serban padanya, beliau dibalut bersama 3 kain tersebut.a.

Cara buat persiapan tali pengikat kain kafan.1. Panjang tali pengikat sesuai bersama lebar tubuh dan ukuran kainkafan. Misalnya lebarnya 60 cm maka panjangnya 180 cm.2. Persiapkan sebanyak 7 tali pengikat. ( jumlah tali usahakan ganjil).Kemudian dipintal dan ditaruh bersama jarak yang sama diatasusungan jenazah.
Tata cara mengkafani jenazah perempuan :

1. Disunnahkan mengkafani bersama 5 lapis kain ( tiga lapis untuk menutupi seluruh tubuh, satu sebagai kain basahan, satu sebaga kerudung bagi kepalannya. Dan diusahakan pakai kain putih.

2. Hamparkan 2 kain kafan dan taburkan wewangaian di tiap tiap susunan kain kafan ini lantas letakkan jenazah diatasnya

3. Letakkan kain sarung untuk basahan dibawahnya

4. Letakkan kain kafan sebagai kerudung terhadap tempatnya

5. Letakkan jenazah terhadap kain kafan bersama perlahan, jangan hingga menyakiti mayit

6. Sedekapkan seperti posisi sholat. Tutupi bersama kapas yang udah diberi wewangian anggota mata, hidung, mulut, telinga, kemaluan dan lubang anus

7. Tutup mayit bersama kain sarung satu diantara pusar dan lututnya, lantas pasangkan baju kurung dan kerudungnya

8. Bila rambut jenazah panjang, maka dikepang menjadi 2 atau 3 bagian.

9. Selanjutnya dalah selimutkan seluruh tubuh jenazah bersama kain kafan selembar demi selembar dan kuncir tali supaya kain kafan tidak terlepas ( tidak tersedia petunjuk tertentu berkenaan jumlah tali ). Nah agar lebih strategis lagi untuk membawa mayat ke kuburan anda pasti membutuhkan keranda jenazah, maka anda bisa mengunjungi http://pemandianjenazah.net/keranda-jenazah .

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..