Dunia fashion Indnesia semakin berkembang. Setiap hari selalu ada perusahaan baru yang tampil di bidang ini. Mungkin karena disebabkan konsumen masyarakat Indonesia yang cukup besar. Usaha fashion dapat dimulai dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan membuat dan memproduksi pakaian sendiri. Dalam hal ini Anda dapat bekerjasama dengan konveksi.

Usaha bersama konveksi biasanya dimaksudkan untuk mnghemat biaya. Anda menginginkan pakaian dengan model dan bahan sesuai sentuhan pribadi tetapi tidak mahal.

Namun, bekerjasama dengan konveksi tidak semudah yang Anda bayangkan. Banyak hal yang harus dipersiapkan agar hasil optimal dan memuaskan, bagi Anda dan konsumen kelak.

Di bawah ini ada 6 tips memilih konveksi yang tepat bagi usaha Anda.

6 Tips Memulai Usaha Bekerjasama dengan Konveksi
6 Tips Memulai Usaha Bekerjasama dengan Konveksi
  1. Memahami Seluk Beluk Bahan dan Model yang Dibuat

Sebelum Anda datang ke konveksi, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu jenis pakaian yang akan dibuat. model, dan bahannya.

Jika Anda menyerahkan pembelian bahan kepada konveksi, pastikan bahwa mereka memahami dan Anda tahu betul, bukan samar-samar atau meraba-raba. Pastikan nama bahan dengan tepat.

  1. Mencari Konveksi Sesuai Kebutuhan

Umumnya, setiap konveksi mempunyai spesialisasi masing-masing. Ada konveksi baju seragam, konveksi khusus kaos, konveksi khusus kemeja, dan sebagainya.

Mesin jahit yang sudah disetting untuk bahan kaos akan berbeda dengan bahan lain. Dengan demikian, hasil jahitannya akan berbeda.

  1. Membandingkan Harga Beberapa Konveksi

Tentunya setiap orang yang berbisnis ingin laba yang besar. Oleh karena itu Anda harus membandingkan harga di beberapa konveksi terlebih dahulu sebelum memutuskan. Tidak mengapa menggunakan konveksi dengan harga tinggi asal kualitas dan pelayanan sesuai.

  1. Konveksi Harus Mempunyai Reputasi Bagus

Ini Anda harus cari tahu. Reputasi bagus berarti model sesuai yang diinginkan, pengerjaan tepat waktu, dan memberi garansi jika ada kesalahan di pihaknya.

  1. Konveksi Sebaiknya Milik Sendiri

Konveksi sebaiknya milik sendiri. Hal ini akam memudahkan Anda melihat hasil jahitan lain dan menghubungi sewaktu-waktu.

  1. Perjanjian Kerjasama Jelas

Tips terakhir sama dengan kerjasama di bidang lain. Perjanjian kerjasama harus jelas. Misalnya, pembayaran berkuitansi, perjanjian penyelesaian, dan lain-lain. Ini akan membuat kedua pihak bertanggung jawab.

Banyakkah dan repotkah bekerjasama dengan konveksi? Mungkin iya tetapi hasilnya akan memuaskan. Lebih baik sedikit repot dengan hasil dan kualitas bagus bukan? Anda tinggal memilih bisnia fashion yang akan diproduksi, memilih konveksi kemeja, seragam sekolah, atau konveksi lain.

Salam sukses!

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..