Seringnya muncul pertanyaan dari seseorang yang ingin bisa mengendarai mobil matic. Mereka akan bertanya tentang bagaimana caranya menyetir mobil matic. Mereka akan mencari cara menyetir yang benar dan aman untuk para pengemudi supaya tidak mudah rusak transmisi matinya.

Belajar Mobil Matic

belajar menyetir mobil matic
Sumber : mobilbekas.com

Mereka tidak perlu khawatir karena sekarang akan dipaparkannya cara belajar menyetir mobil matic yang benar bagi para pemula.

  1. Langkah Yang Pertama

Sebelum mereka menghidupkan atau menyetir mobil, mereka harus memastikan jika tuas mobil posisinya P atau parkir ataupun dalam simbol yang lainnya yaitu N atau Netral. Produsen mesin mobil telah menciptakan desain transmisi matic sehingga mesin mobil bisa dihidupkan jika tuas mobil posisinya berada di P (Parkir) atau N (Normal).

  1. Langkah Yang Kedua

Setelah mesin mobil baru saja hidup maka tunggulah beberapa menit hingga suhu mesin dan transmisi bisa tercapai secara otomatis. Adanya berbagai macam bentuk transmisi otomatis, karena belum normal suhu kerjanya sehingga percepatan didalam pemindahannya secara otomatis belum terjadi dengan sempurna.

  1. Langkah Yang Ketiga

Jika pedal remnya akan mereka tekan maka pada saat akan menggeser tuas atau menjalankan mobilnya pastikan terlebih dahulu jika remnya sudah ditekan. Sedangkan jika mereka akan menggeser tuas dari posisi P ke R dan N ke D ataupun sebaliknya, maka untuk menghindari terjadinya kerusakan mesin harus adanya rem didalam penggeseran tuas.

  1. Langkah Yang Keempat

Jika mereka akan memulai perjalanan dalam kondisi yang normal, maka pastikan tuas sudah dalam posisi D atau Drive yang berfungsi untuk berjalan maju sedangkan jika tuas dalam posisi R maka berfungsi untuk berjalan mundur.

  1. Langkah Yang Kelima

Jika tersedia maka dilangkah yang kelima ini memilh mode untuk mengoperasikan secara ekonomis. Misalnya saja bisa memilih metode ekonomis dimana perpindahan didalam metode percepatan ini secara otomatis akan berlangsung dari awal. Kemungkinannya didalam mode power akan terjadinya perpindahan kecepatan yang akan otomatis akan berjalan dengan lebih lambat sehingga mobil dapat berakselerasi. Didalam transmisi otomatis ini ada banyak jenisnya, didalam pemilihan mode pengoperasian, akan sama dengan pada saat akan memilih mode pengoperasian S atau Sport.

  1. Langkah Yang Keenam

Didalam mobil matic ada fitur yang diberinama dengan tombol OD atau menggeser tuas ke posisi 3, Dimana fitur tersebut berfungsi untuk membantu para pengemudi untuk bisa berakselerasi dengan menggunakan gigi 3. Jika mereka ingin melaju dengan lebih cepat dan ingin mendahului mobil yang berada didepannya maka harus menggunakan kecepatan diatas normal yaitu sekitar 60 hingga 80 km per jam. Kecepatan tersebut juga bisa dimanfaatkan pada saat sedang berada dilokasi dengan tanjakannya yang panjang dan harus digunakannya gigi 3. Jika menyala tombol OD/OFF maka itu menandakan jika perpindahan didalam percepatannya hanya dibatasi pada gigi 3.

  1. Langkah Yang Ketujuh

Pilihlah metode pengoperasian manual (M) jika akan menggunakan mode pengoperasian manual, mode ini dipilih pada saat mengendarai mobil matic tetapi seperti mobil manual. Dengan dihadirkannya fasilitas matic manual tersebut maka kemungkinannya pengendara dapat menambah ataupun mengurangi tingkat percepatan sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan para pengemudi.

Mobil matic ini sudah banyak digunakan orang terlebih oleh para wanita, karena untuk menggunakan mobil matic ini tidak terlalu ribet sehingga sangat mudah untuk dipelajari.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..