Rasa malas bisa menyerang siapa saja, termasuk diri Anda sendiri. Bahkan di tempat kerja yang super nyaman menggunakan jasa desain interior kantor terbaik pun, rasa malas tersebut bisa membuat kita enggan untuk bekerja. Padahal, ada banyak alasan penting mengapa Anda harus bekerja, salah satunya untuk bertahan hidup.

Jika saat ini Anda sedang malas atau terpaksa dalam melakukan pekerjaan, sebaiknya Anda memikirkan hal-hal yang bisa menjadi motivasi kerja bagi Anda. Berikut ini adalah 5 hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk dijadikan sebagai motivasi kerja:

  • Keinginan untuk Memiliki Finansial Lebih Baik

Bingung mencari motivasi kerja? Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa meningkatkan semangat kerja dalam diri Anda, salah satunya adalah keinginan untuk memiliki finansial yang lebih baik. Pekerjaan yang Anda lakukan tentu akan menghasilkan uang. Penghasilan yang Anda peroleh tentu akan meningkatkan kualitas finansial Anda agar menjadi lebih baik. Dengan finansial yang baik, Anda bisa membeli apa saja yang Anda inginkan.

  • Berdikari Tanpa Menyusahkan Orang Lain

Coba bayangkan jika suatu saat uang Anda habis dan Anda tidak memiliki pekerjaan yang dapat menghasilkan uang. Nah, bagaimana cara Anda bertahan hidup? Apakah Anda akan meminta belas kasihan dari orang lain untuk bisa tetap survive? Ingat, bergantung pada orang lain tidak seenak yang Anda bayangkan. Anda harus menumbuhkan keinginan untuk berdikari dan tidak menyusahkan orang lain sedikit pun.

  • Ingat Keluarga yang Anda Cintai

Ketika Anda diserang rasa malas untuk bekerja atau mungkin Anda ingin menyerah dengan pekerjaan yang sedang Anda jalani, segera ingat keluarga Anda. Keluarga di rumah membutuhkan dukungan finansial dari Anda. Apalagi jika Anda sudah memiliki buah hati, tentu saja hal ini bisa dijadikan motivasi agar Anda semakin giat bekerja. Pasalnya, buah hati Anda membutuhkan biaya yang lebih besar setiap tahunnya, jadi Anda pun harus semangar bekerja untuk dapat memenuhi kebutuhan buah hati.

  • Jabatan yang Diinginkan

Ingin mencapai jabatan tertentu yang pastinya lebih tinggi dari jabatan Anda saat ini? Jadikan hal ini untuk memotivasi Anda agar semangat bekerja. Jabatan yang Anda inginkan tidak akan diberikan kepada staf yang malas dan hasil kerjanya pas-pasan. Jadi, saatnya Anda menunjukkan kualitas diri Anda. Bekerjalah dengan segiat mungkin agar Anda berhasil memiliki jabatan yang diinginkan.

  • Mengangkat Derajat Diri Sendiri

Pernahkah Anda merasa harga diri terinjak-injak lantaran Anda adalah pengangguran atau orang yang tidak sukses dalam hal finansial? Kejadian tersebut seharusnya bisa menjadi motivasi kerja agar lebih giat lagi. Anda harus tetap semangat dan bekerja sekeras mungkin agar dapat meraih kesuksesan finansial. Ketika Anda berhasil memperoleh kesuksesan, tentu saja Anda tidak akan diremehkan orang lain.

  • Kisah Sukses Orang Lain

Terkadang kita bisa menumbuhkan motivasi kerja dari kisah yang pernah dialami oleh orang lain. Bacalah buku-buku biografi orang-orang sukses agar Anda termotivasi untuk bisa menjadi seperti mereka. Sebagai contoh, Mark Zuckerberg yang dulunya hanya mahasiswa biasa di Universitas Harvard, kini ia menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Pun begitu dengan Bill Gates yang dulunya pernah drop off dari universitas, kini bos Microsoft tersebut telah menjadi orang yang paling kaya di dunia.

  • Miliki Cita-cita

Siapa bilang Anda tidak boleh banyak bermimpi? Anda justru harus sering bermimpi. Namun jangan hanya bermimpi saja karena tugas Anda selanjutnya adalah mewujudkan mimpi tersebut untuk menjadi kenyataan. Setiap orang harus memiliki cita-cita atau mimpi yang ingin diwujudkan. Pasalnya, cita-cita tersebut akan memotivasi Anda untuk terus bekerja keras demi membuat cita-cita menjadi kenyataan. So, dream higher and make it happen, ya!

Itulah hal-hal yang bisa Anda jadikan motivasi untuk bekerja. Motivasi bukan hanya diperoleh dari orang lain, tapi juga harus dibangun dari dalam diri sendiri. Selagi masih muda, tak ada salahnya Anda terus memotivasi diri sendiri untuk bekerja keras. Kesuksesan yang Anda peroleh tentu akan membahagiakan diri sendiri dan orang-orang yang Anda cintai.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..