Candi Badut Malang merupakan candi tertua di Jawa Timur. Candi ini terletak di daerah Karang Besuki, kecamatan Dau, kabupaten Malang. Berdasarkan Prasasti Dinoyo mengatakan bahwa para pembesar membangun kuil untuk memberantas penyakit penghilang semangat. Selain itu, menurut Jayadi, candi Badut didirikan pada tahun 682 Saka atau 760 Masehi.

candi badut

Pada umumnya, candi-candi di Jawa mengikuti nama tempat candi itu berada. Namun hal ini berbeda dengan candi Badut. Berikut adalah asal mula penamaan candi Badut.

  1. Nama Candi Berasal Dari Pohon

Menurut Jayadi, juru pelihara cagar candi, di wilayah candi Badut terdapat banyak sekali pohon badut. Pohon ini merupakan sejenis pohon nangka. Oleh karenanya dusun di sini dinamakan dusun Badut. Dapat dikatakan pula bahwa penamaan Badut ini berasal dari sebuah pohon yang banyak tumbuh di dusun tempat candi ini berdiri.

  1. Nama Kecil Raja Gajayana

Menurut kisah lain, nama candi ini diambil dari nama kecil Raja Gajayana. Beliau merupakan pendiri candi Badut. Pada saat kecil, Raja Gajayana memiliki sebuah nama Liswa. Nama itu merupakan istilah yang berarti jenaka (komedi). Orang Jawa biasa menyebutnya dengan istilah badut.

Oleh karena yang membangun candi ini adalah seorang Raja yang memiliki kegemaran membuat lelucon, maka candi ini dinamakan candi Badut. Selain itu, candi ini diberikan nama sesuai dengan karakter sang pembangun candi Badut Malang ini.

  1. Nama Rsy Agatsya

Di kisah lain, candi ini diberi nama candi Badut dari perbandingan penamaan candi Mendut. Badut berasal dari kata Badyut berarti cahaya bintang Agatsya. Kata “Ba” berarti bitang Agatsya. Sedangkan kata “Dyut” berarti cahaya atau sinar. Kata “Mendut” sendiri berarti sorot cahaya.

Selain itu, dikisahkan pula bahwa candi ini sebagai bangunan suci persembahan untuk Rsy Agatsya atau Siwa. Hal ini karena fungsi candi dahulu sebagai tempat pemujaan dewa Siwa.

Itulah ketiga asal usul penamaan candi Badut. Candi ini dindingnya dihiasi dengan relief burung berkepala manusia dan peniup seruling. Tak banyak orang menyangka jika penamaan Candi ini adalah unik. Meskipun ada beragam cerita dibalik penamaannya itu.

Candi Badut ini masih berlokasi di dalam kota malang, nah di Malang ini masih ada kota Batu dimana anda dapat menikmatinya dalam paket wisata batu 3 hari 2 malam bersama kami.

***

Nah anda tidak perlu bingung saat ingin berwisata di malang, karena bersama kami anda dapat menikmati paket wisata malang dengan harga terjangkau.

 

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..