Pernah alami susah BAB (Buang Air Besar)? tentunya hal ini sangat tidak nyaman, selain akan berdampak pada lukanya sekitar anus akibat fases yang keras juga akan membuat racun yang ada di dalam fases tersebut akan terserap masuk ke dalam darah jika hal ini tidak terselesaikan dan dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibatkan banyak penyakit lain yang muncul.

Kapan anda sudah dikategorikan terkena masalah Susah Buang Air Besar (sembelit?, para ahli berpendapat bahwa seseorang sudah dapat dikatakan terkena sembelit jika sudah lebih 3 hari tidak BAB atau dalam seminggu masuk WC untuk buang hajat kurang lebih hanya 3 kali saja.

Apa sih penyebab Susah BAB?

Ada beberapa faktor yang mengebabkan orang susah untuk melakukan buang air besar, berikut ini hal-hal yang paling sering biasa menyebabkan susah BAB dapat terjadi, diantaranya :

1.Sering Menunda Keingin BAB

Seringkali anak anak ataupun orang dewasa mempunyai sifat malas pergi ke toilet untuk buang air besar sewaktu mulai berasa ingin BAB, entahlah bisa jadi penyebabnya takut, malu, toiletnya kurang bagus, atau beberapa fakta lainnya. Tetapi, menahan-nahan buang air besar saat ada tekanan untuk mengerjakannya, malah beresiko mengakibatkan konstipasi. Dgn kata lainnya, bersegeralah dlm menjawab panggilan alam ini 🙂 .

2.Gaya Hidup Yang Tidak Sehat

Kebiasaan makan yang tidak sehat, misalnya kekurangannya asupan serat dan kekurangan cairan, bisa menyebabkan berlangsungnya konstipasi. Diluar itu, pergantian kebiasaan makan serta kebanyakan konsumsi produk susu olahan dapat juga mengakibatkan sulit BAB. Selain itu, masalah makan ikut juga berperan pada berlangsungnya konstipasi. Malas olahraga atau jarang melakukan aktifitas berjalan dapat juga mengundang konstipasi.

Jika kamu ingin melakukan diet sehat maka hal ini sangat penting kamu hindari karena selain bisa membuatmu sakit, diet yang kamu lakukan tidak akan dapat berhasil dengan baik.

3.Akibat konsumsi Obat tertentu

Mengkonsumsi obat tertentu dapat juga mengakibatkan masalah berbentuk sulit buang air besar. Obat-obatan itu dapat mencakup obat untuk asupan kalsium, obat dengan kandungan zat besi, atau pengobatan anti epilepsi, antipsikotik, anti depresan, obat untuk diuretik, dan pengobatan pereda ngilu kelompok narkotik, misalnya kodein serta morfin. Diluar itu, pengobatan untuk menangani masalah pencernaan, misalnya antasida serta anti diare, dan rutinitas memakai pengobatan laksatif, dapat juga memunculkan masalah konstipasi.

4.Mengalami Masalah Kesehatan Tertentu

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan seseorang mengalami Susah BAB seperti sindrom iritasi usus besar, kelebihan kalsium di dalam darah, diabetes, penyakit radang usus, stroke, kelenjar tiroid yang kurang aktif, parkinson, dan banyak lagi lainnya.

5.Faktor Kehamilan

Ibu-ibu yang sedang masa kehamilan sangat sering mengalami masalah susah buang air besar. empat puluh persen dari wanita hamil mengalami masalah ini diawal masa kehamilannya. Produksi hormon progesteron yang besar pada bumil membuat otot-otot usus menjadi kendor sehingga sulit untuk berkontraksi saat BAB.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

Untuk atasi susah BAB ini, ada beberapa hal yang harus anda lakukan dan sangat penting untuk melakukannya secara disiplin agar mendapatkan hasil maksimal, berikut penjelasannya:

  • Minum air yang cukup agar tidak dehidrasa
  • Memperbanyak makan buah dan sayur yang berserat, jika kesulitan bisa minum fiforlif, produk jus buah dan sayur instan yang telah dikemas dalam sachet, rasanya enak, tidak bikin nek dileher. infonya bisa lihat disini fiforlif makassar
  • Buang air besar sebaiknya di toilet jongkok, kalaupun di toilet duduk sebaiknya kaki diangkat lebih tinggi
  • Jangan selalu menunda-nunda keinginan BAB jika sudah terasa langsung ke toilet.
  • Lakukan BAB tiap hari, jadikan rutinitas agar sehat.

Semoga jika dilakukan secara rutin bisa membuat BAB menjadi lancar, jika sudah melakukan pola hidup sehat lantas belum juga lancar, maka konsultasikan ke dokter masalah anda agar mendapatkan solusi yang tepat untuk anda.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..