Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa Indonesia adalah satu pasar di kawasan Asia Tenggara yang selalu diincar oleh para produsen mobil ternama dunia. Ya, terang saja demikian, sebab pasar otomotif tanah air begitu menjanjikan. Dengan demikian, maka tak heran juga jika persaingan di bursa otomotif Indonesia terjadi begitu ketat. Saat membeli mobil baru, tentu saja test drive sudah menjadi kewajiban. Selain itu, ada beberapa hal lainnya juga yang harus anda perhatikan saat melakukan test drive pada mobil baru seperti dibawah ini :

  1. Mengatur Posisi Duduk

Hal pertama yang harus anda perhatikan saat hendak melakukan test drive mobil baru, yakni mengatur posisi duduk. Dalam hal ini, pastikan bahwa anda telah duduk dengan posisi yang paling nyaman. Tak hanya itu saja, anda juga harus mengatur posisi stelan naik turun setir agar pas pada posisi badan dan tangan. Dengan pengaturan yang sedemikian rupa, anda juga dapat memastikan akan fungsi fitur tersebut masih bekerja dengan maksimal.

  1. Menyalakan Mesin

Setelah mendapatkan posisi duduk yang nyaman, maka langkah kedua yang harus anda lakukan saat melakukan test drive mobil baru adalah dengan menyalakan mesin. Menurut informasi yang didapat, kita tidak dianjurkan untuk langsung men-starter mobil. Ya, dalam hal ini, anda harus membiarkannya dalam posisi ON dulu dan setelah itu perhatikan lampu indikator yang menyala. Apabila lampu indikator tersebut padam atau mati, maka mulailah untuk men-starter mobilnya. Jika lampu indikator tersebut masih tetap menyala, maka terdapat masalah yang artinya harus segera diperbaiki.

  1. Coba Dengarkan Bunyi Mesinnya

Jika mesinya sudah berhasil dinyalakan, maka buka bagian kaca jendela pada salah satu pintu mobil. Ya, hal ini bertujuan agar anda dapat mendengarkan bunyi mesinnya secara seksama. Dalam hal ini, pastikan bahwa suara mesin tersebut tidak ada bunyi yang mencurigakan. Hal tersebut sangat penting dilakukan saat mesin masih dalam kondisi dingin. Mengapa bisa demikian? sebab, kondisi mesin yang masih dingin ini kerap mengeluarkan bunyi-bunyi tak wajar, yang menjadi indikasi bahwa ada masalah pada bagian mesinnya.

  1. Cek Bagian Transmisi

Hal berikutnya yang harus anda lakukan saat hendak melakukan test drive pada mobil baru, yakni mengecek bagian transmisi. Jika mobilnya adalah tipe matic, maka pindahkan transmisi tersebut pada setiap posisi yang ada. Dalam hal ini, anda harus memastikan bahwa tidak ada jeda yang lama atau hentakkan keras saat memindahkan transmisinya. Sedangkan untuk tipe mobil transmisi manual, pastikan perpindahannya  tidak terjadi slip atau tersangkut, serta bagian koplingnya juga tidak terasa dalam saat anda injak.

  1. Melakukan Test Drive

Sebelum melakukan test drive, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan seperti fungsi kaki-kaki, rem, performa stir, perpindahan transmisi, dan lain sebagainya. Sebab, semua elemen tersebut sangat berpengaruh dalam kenyamanan test drive-nya.

  1. Cek Kembali Lampu Indikator

Apabila sudah selesai melakukan test drive, maka anda harus melakukan pengecekan kembali pada lampu indikatornya. Cobalah matikan mesin, tunggu beberapa saat, kemudian nyalakan lagi. Dalam hal ini, pastikan bahwa lampu indikator tersebut masih berfungsi dengan baik.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam melakukan test drive mobil baru. Nah, bagi anda yang ingin tahu tentang kelengkapan daftar harga mobil Toyota terbaru, anda bisa mengeceknya langsung pada situs http//www.toyota.astra.co.id/.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..