Siapa yang tidak kenal alat kecil satu ini yakni Flashdisk. Saat ini FD atau flashdisk adalah alat terpraktis untuk menyimpan data karena ukuran fd yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana.
Tapi tentu sering juga terjadi masalah-masalah error yang bisa tiba-tiba menimpa flashdisk kesayangan.

Mulai dari flashdisk tidak terbaca, data tiba2 hilang, minta format atau pun white protected dan masih banyak lagi. Walaupun rata-rata flashdisk saat ini memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Tentu jika flashdisk error atau tidak dapat terbaca, akan sangat merepotkan.

Namun jika hal itu menimpa kamu, jangan panik dan khawatir, karena ada banyak cara untuk mengatasinya. Nah, artikel ini akan memberikan tutorial cara memperbaiki flashdisk error. Tentu saja dengan metode termudah dan Tidak Ribet.

Memperbaiki Masalah Pada Flashdisk

1. Flashdisk Tidak Terbaca

Penyebab flashdisk tiba-tiba tidak terbaca sebenarnya cukup banyak, dan sangat susah ditentukan penyebab aslinya. Pasalnya faktor error bisa jadi karena OS komputer atau laptop tidak kompatibel dengan flashdisk yang dimiliki. Atau colokan port USB yang rusak, bahkan penyebabnya bisa jadi software atau hardware flashdisk yang sudah rusak. Cara mudah memperbaikinya ialah dengan mengecek port USB komputer. Lalu memastikan driver fd di laptop terinstall dengan benar.

2. Flashdisk Tidak Bisa Diformat

Masalah kedua yang sering dijumpai ketika hendak memformat flashdisk, tapi justru fd tidak bisa diformat di komputer. Kembali lagi tidak perlu panik, karena ada beberapa cara membetulkan flashdisk karena tidak bisa diformat. Cara memperbaikinya sama dengan memperbaiki masalah ketiga. Jadi bisa mengikuti petunjuk selanjutnya.

3. Flashdisk Write Protected

Kebanyakan dari kita sering melepaskan USB langsung begitu saja dari pc komputer tanpa melewati safely remove. Walaupun terlihat masalah sepele, dengan melepaskan fd lewat safely remove, akan mengurangi kemungkinan kerusakan pada flashdisk seperti flashdisk Write Protected ini. Tapi jika sudah terlanjur terjadi, kalian bisa mengikuti petunjuk berikut sebagai cara memperbaiki flashdisk white protected.

  • Klik start, pilih RUN, ketikkan regedit
  • Di REGEDIT lalu cari Write Protected, untuk lebih cepat menggunakan mengetik CTRL+F. Jika sudah ketemu bisa langsung menghapus registry tersebut. Jadi kamu bisa kembali membuka flashdisk yang tadinya error white protected
  • Selanjutnya segera format flashdisk, sangat disarankan memakai aplikasi Low Level Format untuk memformat write protected flashdisk kalian
Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..