Mesin merupakan jantung dari sebuah kendaraan yang harus benar-benar dijaga dan dirawat agar tidak cepat rusak. Mesin mobil wajib dirawat secara berkala agar performa mobil tetap prima. Apalagi buat kalian yang masih memiliki mobil lawas dan masih memakainya setiap hari. Tidak hanya tampilan luar saja yang harus dirawat, namun yang lebih penting adalah bagian dalam mobil(mesin mobil). Namun juga banyak orang yang merawat mobil secara asal tanpa melihat prosedure tentang cara merawat mobil manual.

Memiliki mobil memang tidak hanya sekedar memakainya saja, namun harus dirawar agar mobil tetap dalam kondisi prima meskipun sudah dipakai bertahun-tahun. Jika kalian sudah salah dalam merawat mobil maka otomatis mobil tersebut akan mengalami kerusakan. Dan jika sudah rusak maka kalian diharuskan untuk menyervice mobil dengan biaya yang lumayan mahal. Jika hal ini tidak ingin terjadi pada mobil kalian maka yang perlu kalian lakukan adalah merawat mobil dengan benar sesuai dengan prosedure. Berikut adalah penjelasan mengenai merawat mesin mobil:

1.Ganti Oli Secara Berkala

Oli merupakan komponen pendukung mesin mobil yang sangat penting untuk performa mobil. Untuk melindungi keadaan mesin mobil agar selalu maksimal, kalian harus rutin dalam mengganti oli. Oli berfungsi sebagai penahan gesekan komponen-komponen di dalam mesin mobil kalian. Pastikan kalian memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil kalian. Perhatikan pemakaian oli power streering. Jika oli power steering sudah hampir habis maka dapat menyebabkan setir mobil menjadi berat dan sangat susah untuk anda kemudikan.

2.Mengecek starter mobil

Coba hidupkan mobil anda, jika mobil tidak dapat di starter maka telah terjadi kerusakan didalam mobil kalian. Hal ini dapat dikarenakan berkurangnya suplay bahan bakar/udara. Untuk memeriksanya dengan cara mencabut filter dan membersihkan dengan kuas/sikat gigi. Namun jika hal tersebut sudah kalian lakukan namun tetap tidak bisa menyala juga, sebaiknya mobil anda dibawa ke Service Mobil Semua Merk.

3.Cek Kondisi Radiator/coolant

Radiator mempunyai peran penting untuk tetap menjaga suhu mesin mobil dalam kondisi stabil. Jika radiator atau coolant tidak tidak berfungsi dengan baik maka mesin akan cepat panas dan menimbulkan kerusakan yang cukup fatal. Kalian dapat mengecek air radiator dengan melihat langsung melalui tutup raditor. Dan yang perlu kalian ingat adalah jangan sekali-kali membuka tutup radiator ketika mesin dalam keadaan menyala atau mesin mobil masih panas.

4.Membersihkan filter karburasi

Apabila mesin mobil kalian susah menyala, itu tanda bahwa mesin karburasi anda dalam keadaan kotor. Kalian dapat membersihkan mesin karburasi dengan menggunakan sikat gigi atau melepas kotoran atau kerak yang menempel pada filter karburasi. Untuk membersihkannya jangan pernah menggunakan hairdryer atau compresor pada saat membersihkan filter karburasi, karena dapat menimbulkan kerusakan pada filter karburasi mobil kalian.

5.Lakukan Tune Up Rutin

Kalian dapat melakukan tune up di bengkel terdekat, atau dapat melakukannya sendiri di rumah. Hal ini dapat membuat mesin anda akan tetap awet. Kondisi komponen-komponen vital mobil akan diperiksa secara menyeluruh.

6.Penuhi tangki bensin mobil

anyak yang mengangkap hal ini adalah hal yang biasa-biasa saja, namun hal ini dapat menyebabkan bagian pada atas tangki yang tidak pernah terkena cairan akan dipenuhi dengan kotoran dan kerak sehingga akan membahayakan jika kerak tersebut tercampur dengan bahan bakar dan terbawa ke saluran pembakaran.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..