Filter oli merupakan salah satu komponen dalam sistem pelumasan, setiap oli yang akan bersikulasi di dalam mesin akan disaring terleih dulu agar kotoran-kotoran tidak ikut bersikulasi. Di dalam sistem pelumasan ini terdapat dua filte, yaitu filter strainer yang berfungsi sebagai saringan kasar dan terletak di dalam bak oli. Filter yang kedua adalah filter oli yang merupakan komponen yang biasanya harus diganti secara berkala.
Filter oli ini merupakan komponen yang bersifat sekali pakai. Filter oli ini perlu diganti setiap kendaraan sudah menempuh jarak sekitar 10.000km atau setiap 2 kali pergantian mesin, namun akan lebih baiknya lagi jika kalian menggantinya setiap kali melakukan pergantian oli.

Untuk penggantian filter oli ini kalian bisa saja melakukannya sendiri di rumah. Namun kebanyakan dari kalian yang tidak mampu melakukannya sendiri karena faktor kesibukan bekerja ataupun kalian tidak bisa melakukannya dan takut jika terjadi kesalahan. Kalian bisa membawa mobil kalian ke bengkel untuk menggantikan filter oli tersebut. Buat kalian yang saat ini tinggal di Kota Semarang kalian bisa saja mencoba menggantinya di Bengkel Mobil di Semarang, disana kalian bisa mengganti oli sekalian mengganti filter oli agar mesin mobil kalian tetap prima.

Berikut adalah cara-cara mengganti filter oli pada mobil:

1.Menyiapkan peralatan
Langkah mudah yang pertama adalah kalian perlu menyiapkan peralatan yang harus digunakan dalam proses pergantian filter oli tersebut. seperti wadah yang akan digunakan untuk menampung oli, kunci khusus yang digunakan untuk membuka filter.

2.Melepaskan filter oli
Setelah semua peralatan disiapkan kalian mulai lepas filter oli tersebut, setelah filter oli dilepas kemudian bersihkan sekitar filter oli sampai bersih sebelum filter oli yang baru dipasangkan.

3.Pelumasan seal
Seal karet pada bagian dalam yang berfungsi sebagai sealer untuk mencegah terjadinya kebocoran. Lumasi sealer tersebut dengan sedikit pelumas karet sebelum kalian memasang filter oli dengan yang baru. Pada saat proses pemasangan, pastikan filter oli masuk pada ulir dengan mudah, penempatan filter yang salah atau miring dapat menyebabkan terjadinya kebocoran pada filter.

4.Mengencangkan filter oli
Setelah pemasangan selesai, kemudian kalian harus mengencangkan filter oli dengan menggunakan kunci khusus. Jangan terlalu kuat dalam mengencangkan, karena dapat merusak bagian karet atau seal yang dapat berdampak pada kebocoran.

5.Isi oli mesin
Setelah semua selesai dan terpasang, langkah terakhir adalah pengisian oli pada filter. Pastikan jika sudah tidak ada lagi kebocoran. Dan pastikan jika jumlah oli sudah sesuai dengan takaran mobil kalian. Jangan sampai kurang ataupun kelebihan.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..