Sebelumnya sudahkah kalian mengethaui apa pengertian musik Daerah? Pada umumnya Musik Daerah mempunyai makna dan fungsi nya yang sangatlah perlu di dalam kehidupan masyarakat. Adapun fungsi dari Musik Daerah adalah sebagai berikut.

Sebagai Pengiring Tarian

musik sebagai pengiring tari

 

Tarian-tarian Tradisional di Indonesia atau yang berkembang di masyarakat Indonesia seutuhnya nyaris pakai Musik Daerah sebagai pengiringnya. Salah satu contohnya adalah terhadap Tari Pendet.

 

Sebagai Sarana Upacara Adat

musik sebagai sarana upacara adat

 

Fungsi Musik Daerah yaitu sebagai kelengkapan dan pengiring di dalam acara adat layaknya Godang yang dipakai terhadap acara Adat Batak, musik Gong Luang yang digunakan terhadap selagi Upacara Ngaben, musik Karang Dodou yang termasuk merupakan type musik Ritual selagi memberi tambahan nama Bayi atau memandikan Bayi.

 

Sebagai Pengiring Pertunjukan

musik sebagai pengiring pertunjukan

Musik Daerah selamanya diperlukan untuk mengiringi suatu pertunjukan Seni. Contohnya yaitu Pergelaran Pertunjukan Wayang Golek yang selamanya pakai musik pengiring Gamelan dari Nayaga alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat.

 

Sebagai Media Komunikasi

musik sebagai media komunikasi

Musik Daerah termasuk dapat berguna sebagai tempat komunikasi antar masyarakat atau antar individu bersama dengan pemimpinnya terhadap zaman dahulu. Contohnya musik kentongan atau angklung yang digunakan sebagai fasilitas untuk menyatukan warga, atau membangunkan warga selagi bulan puasa.

 

Sebagai Sarana Hiburan dan Pendidikan

musik sebagai sarana pendidikan

Dalam Musik Daerah, diiringi oleh lagu-lagu bersama dengan syair yang menghibur, sebab kata-katanya yang mudah atau jenaka.Musik Daerah ini sendiri pun termasuk dapat diiringi bersama dengan lagu dan bersama dengan syair yang berisikan nasihat dan petuah sebagai fasilitas pendidikan.

Sumber: alatmusik.net

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..