Selain karpet biasa, Anda mungkin memiliki karpet bulu tebal di rumah minimalis Anda. Permadani ini tidak hanya lebih lembut dan lebih lembut, tetapi juga lebih nyaman digunakan sebagai tempat duduk, bahkan sebagai tempat untuk berbaring di depan TV.

Namun harus diakui, pemeliharaan karpet bulu lebih merepotkan daripada karpet biasa. Dan agar tidak basah dan berjamur, pertimbangkan metode berikut.

1. Bersihkan dengan sikat lembut

Untuk perawatan harian, Anda cukup menyeka alas bulu di luar rumah untuk menghilangkan debu lengket. Atau gunakan sikat lembut untuk mencuci karpet bulu sehingga semua kotoran jatuh.

2. Keringkan karpet

Jangan lupa untuk mengeringkan karpet setidaknya seminggu sekali untuk menghilangkan bakteri dan kuman. Mengeringkan karpet juga akan mencegah karpet menjadi basah dan berbau tidak sedap.

3. Gunakan penyedot debu

Penghapusan debu dengan penyedot debu harus dilakukan di kedua sisi. Tetapi untuk bagian atas atau berbulu, Anda harus menutupinya dengan kain sehingga sedotan penyedot debu tidak merusak mantel.

Bersihkan bagian bawah karpet tanpa menutupinya dengan kain.

4. Hilangkan noda dengan cuka dan baking soda

Untuk menghilangkan noda di karpet, Anda bisa menggunakan cuka dicampur dengan soda kue dan air, lalu bersihkan dengan lembut.

Alasannya adalah karpet bulu cenderung sensitif, dan jika jenis deterjennya cukup keras, risiko kehilangan bulu di karpet. Lebih aman untuk mencucinya dengan deterjen untuk pakaian bayi.

Atau, jika Anda tidak memiliki energi dan waktu untuk mencucinya, percayakan pada layanan pembersih karpet.

5. Gunakan bedak bayi dan baking soda

Jika ada aroma yang tidak sedap di karpet, taburkan dengan bedak bayi atau gunakan baking soda.

Biarkan selama 12 jam agar aromanya diserap oleh bubuk atau baking soda ini. Setelah itu, bersihkan sisa bedak dengan sikat lembut atau gunakan penyedot debu.

6. Jangan menyapu

Sebaiknya jangan tergoda untuk menyapu karpet bulu dengan serat kelapa, karena kekasaran serat akan merusak karpet dan menyebabkan bulu-bulu hilang. Jika Anda melihat kotoran di karpet, bersihkan dengan kain lembut atau sikat lembut.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..