Karpet merupakan salah satu perlengkapan di tempat tinggal yang perlu penanganan spesifik di dalam merawatnya. Cara-cara perawatan yang kurang pas mampu memicu karpet makin tambah kotor dan enteng rusak.

Tips Merawat Karpet:
1. Bersihkan Sesering Mungkin
Karpet perlu sering dibersihkan memakai penyedot debu/vacuum cleaner, khususnya jikalau Anda baru saja memasang karpet. Meski nampak bersih, serat-serat terhadap karpet mampu tercampur dengan debu dan kotoran. Jika dibiarkan terlampau lama, kotoran bakal menumpuk. Selain tidak baik untuk kesehatan, kotoran yang menumpuk juga bakal lebih cepat menyebabkan kerusakan karpet.

Bersihkan karpet dengan vacuum cleaner minimal seminggu sekali. Fokuskan terhadap area yang sering dilewati orang, dikarenakan umumnya kotoran paling banyak menempel di area tersebut.Atau anda bisa hubungi Jasa Pembersih Sofa

2. Penempatan Karpet

Karpet terlampau enteng terkena debu dan kuman, khususnya lagi jikalau sering di injak dan duduki. Namun, untuk meminimalisir karpet yang terkena debu berlebihan, maka hindari untuk ditempatkan terhadap area yang sering ada aktivitasnya. Hindari meletakkan karpet dekat rak sepatu, dikarenakan dikhawatirkan debu atau kuman terhadap rak selanjutnya bakal ganti ke karpet. Cukup meletakkan di kamar tidur, ruang kerja atau ruang tamu.

3. Jangan Injak dengan Sepatu

Saat menginginkan menginjak karpet, membuka alas kaki. Sepatu atau sandal mempunyai banyak kotoran dan kuman yang mempu menyebabkan kerusakan keidahan dan kebersihan karpet. Akan lebih baik lagi, pastikan kaki selalu bersih pas menginjak karpet.

4. Pasang Keset

Agar meminimalisir kuman yang masuk ke di dalam rumah, maka selalu menyediakan keset dan sering-seringlah memakai keset. Selain itu, cucilah keset secara teratur supaya kuman dan debu tidak mengendap terlampau lama disana. Kuman dan debu mampu terbang terkena hawa dan hinggap di karpet bulu Anda.

5. Jangan Cuci Karpet dengan Sabun
Sebaiknya jangan cuci karpet Anda dengan deterjen atau cairan pembersih yang mengandung sabun. Busa yang dihasilkan sabun bakal meninggalkan sisa-sisa residu yang justru bakal mengikat lebih banyak debu di karpet. Selain itu, residu sabun yang tertinggal juga mampu melemahkan serat karpet supaya memicu karpet enteng robek atau rusak.

Bahan paling pas untuk membersihkan karpet tanpa merusaknya, ternyata cukup enteng didapat, yaitu cuka putih. Campurkan satu botol cuka dengan satu galon air. Siramkan campuran selanjutnya ke atas karpet, sikat sebentar, selanjutnya bilas dengan air bersih. Jangan cemas tempat tinggal Anda bakal berbau cuka, dikarenakan baunya bakal hilang di dalam 24 jam. Hanya pastikan karpet Anda tidak di dalam keadaan lembab terlampau lama.

6. Bersihkan Noda Segera

Jika ada noda terhadap karpet, maka janganlah di gosok. Hal ini justru bakal memicu noda semakin menyebar dan menyebabkan kerusakan bahan. Anda mampu memakai mesian uap spesifik untuk menghilangkan noda. Cukup arahkan uap ke noda, dan uap panas bakal melunakkan noda selanjutnya supaya bakal bersih lebih cepat. Namun, langkah ini hanya berlaku terhadap noda baru, bukan noda lama yang sudah membekas.

7. Cuci Secara Rutin

Agar karpet selalu terjaga kebersihannya, maka cucilah minimal dua kali setahun. Sangat direkomendasi untuk membasuh karpet pas musim panas dengan sinar matahari langsung, maka bakal kering sempurna. Karpet yang lembab bakal jadi sarang bakteri dan kuman dan membangkitkan bau tak sedap.

8. “Ramuan” untuk Noda Karpet

Jika ada noda para karpet, coba membersihkan dengan bahan alami. Campur jus lemon, garam, air dan cuka selanjutnya semprotkan dan membersihkan noda tersebut. Ramuan ini mampu mendukung mengangkat noda di karpet dengan lebih mudah.

9. Vakum

Untuk perawatan harian, maka Anda mampu membersihkan dengan vacuum cleaner tiap tiap pagi dan malam hari. Setiap lakukan kesibukan di atas karpet, maka selalu membersihkan dengan vacum cleaner. Mudah bukan lakukan perawatan karpet? Dengan karpet yang selalu bersih, maka keluarga juga bakal terhindar dari debu dan kuman. Maka, keluarga juga bakal terhindar dari ancaman penyakit yang berasal dari debu dan kotoran.

10.Hindari merokok di atas karpet
Jangan merokok di atas karpet. Hati-hati, abu rokok mampu menyebabkan kerusakan karpet Anda. Selain jurus-jurus di atas, pasti ada banyak perihal lain yang mampu Anda lakukan. Jika Anda lakukan keenam perihal di atas, niscaya karpet di tempat tinggal bakal selalu awet. Selamat melindungi karpet.

Agar karpet semakin bersih, Anda juga bisa memakai Jasa Cuci Karpet. Dengan memakai Jasa Cuci Karpet, maka bakal digunakan teknik yang pas dan juga cairan pembersih yang lebih baik.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..