Bila anda berkunjung ke rumah sakit, anda akan melihat banyak alat – alat kesehatan yang digunakan di sana. Semua alat – alat kesehatan tersebut berfungsi untuk mendukung penanganan perawatan dan penyembuhan penyakit pasien. Pasti anda juga tahu, ada banyak sekali alat kesehatan yang tidak bisa kita ketahui satu persatu. Namun demikian, kita bisa mengetahui ada tiga macam alat medis yang ada di rumah sakit yaitu alat elektromedik, non elektromedik dan alat diagnostic in vitro.

alat reagenAlat Elektromedik

Merupakan golongan alat kesehatan yang membutuhkan tenaga listrik dalam proses kerjanya. Oleh karena itu alat ini dinamakan alat elektromedik. Yang berarti alat kesehatan yang membutuhkan tenaga listrik. Jenis dan macam alat ini cukup banyak. Salah satunya adalah alat ECG. Alat ini berfungsi untuk menganlisa kelainan jantung pasien. Harga jual alat ekg sangat beragam, tergantung dari merk dan fiturnya.

Masih banyak alat lainnya yang termasuk dalam alat – alat elektromedik seperti defibrillator, EEG, Electrosurgery, Lampu UV dan banyak lagi yang lainnya. Intinya, alat – alat yang berhubungan dengan kelistrikan, atau bekerja dengan menggunakan tenaga listrik selain alat – alat diagnostic bisa kita masukkan ke dalam golongan alat ini.

baca juga: Cara Mengatasi dan Mencegah Rambut Bercabang

Alat Non Elektromedik

Non-Elektromedik berarti kebalikan dari alat Elektromedik. Yaitu alat ini tidak membutuhkan energi listrik dalam proses atau sistem kerjanya. Macam alat ini lebih banyak lagi dibandingkan dengan alat elektromedik. Alat – alat non elektromedik di Rumah Sakit kebanyakan adalah alat – alat yang digunakan sekali pakai. Seperti alat suntik, alat infus, dan alat lainnya yang serupa dan memiliki karakter yang sama.

Alat Diagnostic In Vitro

Satu lagi, ada jenis alat yang lebih berbeda dari kedua macam alat yang sudah kita bahas diatas. Alat ini dinamakan dengan kategori alat diagnostic in vitro. Alat ini dikelompokkan berdasarkan spesifikasi fungsinya sebagai alat diagnostic atau alat yang berfungsi untuk menganalisa sample dengan tujuan untuk menemukan diagnosa penyakit pasien. Contoh alat ini seperti Hematology Analyzer, Chemsitry Analyzer, USG dan lain sejenisnya.

Mungkin itu saja yang bisa kita bahas pada kesempatan kali ini. Semoga penjelasan singkat ini bisa menambah wawasan kita tentang berbagai macam dan jenis alat – alat kesehatan yang ada di rumah sakit.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..