Pembangunan infrastruktur yang sedang dikebut oleh pemerintah diyakini memberikan dampak yang positif bagi dunia properti. Seperti contohnya proyek pembangunan Tol JORR 2 yang pengerjaannya terus dikebut. Apabila sesuai rencana, JORR 2 ini nantinya akan terbagi menjadi 6 ruas sepanjang 109,4 kilometer yang membentang ke seluruh wilayah Jabodetabek.

Salah satu wilayah krusial di Jabodetabek yang akan terdampak langsung oleh pembangunan Tol JORR 2 ini adalah Serpong, Tangerang. Hal ini dikarenakan 2 dari ke-enam ruas Tol JORR 2 ada yang terhubung langsung ke wilayah Serpong. Kedua ruas tersebut adalah Kunciran – Serpong dan Serpong Cinere.  

Terhubungnya wilayah Serpong dengan 2 ruas Tol JORR 2 ini tentu memberikan angin segar bagi nilai properti di sana. Banyak pengembang yang kemudian berlomba-lomba membangun proyek di wilayah Serpong dan sekitarnya karena dinilai berpotensi memudahkan akses bagi para konsumennya. Beberapa kota mandiri terpadu dengan proyek perumahannya bahkan tercatat sudah bertahun-tahun berdiri dan berkembang di sana.

Sebut saja BSD City, kawasan perumahan yang paling identik dengan wilayah Serpong. Proyek kota mandiri milik developer Sinarmas Land ini bahkan sudah menancapkan pilar-pilar pengembangannya sejak tahun 90-an, ketika Serpong masih dianggap sebagai kawasan yang terpencil dan rawan tindak kriminal. Kini harga properti di BSD sudah berkembang pesat. Bahkan untuk mencari rumah dengan harga dibawah 1 M-an sudah sangat sulit di sana.

Selain BSD masih ada beberapa perumahan lain yang sudah lama berdiri di wilayah Serpong. Salah satunya adalah Summarecon Serpong, proyek kota mandiri milik developer ternama Summarecon ini menghadirkan perumahan dengan konsep cluster yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung khas kota mandiri terpadu. Selain perumahan, di Summarecon Serpong juga terdapat apartemen dan perkantoran.

Saat ini, harga properti di perumahan yang terletak di Gading Serpong tersebut berada di kisaran 800 juta-an keatas. Bayangkan apabila nanti Tol JORR 2 benar-benar rampung dan sudah dapat diakses, harga properti di Summarecon Serpong bakal naik berkali-kali lipat.

Masih di area Gading Serpong, perumahan lain yang berpotensi mengalami kenaikan nilai investasi untuk wilayah Serpong dan sekitarnya adalah Paramount Serpong. Perumahan yang dikembangkan oleh developer Paramount Land ini memiliki keuntungan berupa lokasi yang strategis karena diapit oleh dua kota mandiri, BSD dan Summarecon Serpong.

Untuk saat ini, harga rumah termurah di perumahan Paramount Serpong ada di angka 700 juta-an, namun nanti ketika proyek Tol JORR 2 sudah rampung dan dapat diakses, harga rumah dan properti di Paramount Serpong diprediksi bakal meningkat berkali-kali lipat.

Jadi bagi Anda yang berniat untuk memiliki rumah di wilayah Serpong dan sekitarnya, disarankan untuk segera mencari sebelum tahun 2020. Karena Toll JORR 2 diprediksi akan rampung dan siap dipakai pada tahun 2020 tersebut. Maka sebelum harga properti di sekitarnya naik, tahun ini adalah saat yang tepat.

 

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..