Gangguan pendengaran sering terjadi pada orang-orang dewasa atau lanjut usia. Gangguan pendengaran ini bersifat sementara atau permanen. Namun gangguan pendengaran bisa terjadi secara tiba-tiba, bukan karena faktor usia melainkan karena berbagai hal seperti kecelakaan, kebasaan buruk lainnya bisa terjadi karena paparan gelombang suara dalam insensitas tinggi dan dalam waktu yang cukup lama.

gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran permanen bisa terjadi secara bertahap bahkan sering tidak disadari oleh penderitannya. Oleh karena itu jangan pernah meremehkan gangguan pendengaran tersebut, karena dapat menurunkan kualitas hidup anda.

Untuk bisa mengetahui atau mendeteksi gangguan pendengaran dan mengukur ambang pendengaran seseorang bisa menggunakan alat yang dinamakan Audiometer. Audiometer tersubut digunakan memeriksa kepekaan pendengaran atau yang sering disebut dengan ambang pendengaran.

3 Macam Penyebab Gangguan Pendengaran Yang Sering Terjadi :

1. Gangguan Pendengaran Kongenital

Ganggaun pendengaran kongenital merupakan merupakan gangguan pendengaran yang dialami sejak lahir. Penyebabnya terjadi karena berat badan bayi yang saat lahir rendah, bayi lahir premature, infeksi penyakit tertentu saat masa kehamilan, dan gangguan struktur anatomi telinga seperi rumah siput.

Maka untuk mengidentifikasi adanya gangguan pendengaran, bayi yang baru lahir harus melakukan pemeriksaan OAE. Jika memang ditemukan masalah gangguan pendengaran maka harus segera ditangani sesuai penyebabnya.

2. Gangguan Pendengaran Akibat Kebisingan

Penyebab ini pada umumnya terjadi dengan tidak disadari karena terlalu seringnya telinga terpapar suara yang bising dalam aktivitas sehari-hari. Suara bising itu sering dijumpai ketiak berada di jalan raya dengan kendaran-kendaran besar yang berlalu-lalang.

Batas aman suara bising bagi pengendara adalah tidak lebih dari 80 dB. Jika sering mendengar suara dengan lebih dari 80 dB, maka hal tersebut dapat menyebabkan semakin menurunnya fungi pendengaran.

3. Infeksi Telinga Tengah

Dalam bahasa medis, infeksi telinga bisa disebut dengan otitis media yang artinya infeksi terjadi pada telinga bagian tengah, yaitu ruang di belakang gendang telinga yang memiliki tulang kecil, yang berfungsi untuk menangkap getaran dan mengurasnya ke telinga bagian dalam. Salah satu penyebab terjadinya infeksi adalah karena adanya bakteri atau virus yang menginfeksi saluran eustachius.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..