1.Energi alternatif bersama garam
Berikut ini adalah sebuah tutorial yang mejelaskan bagaimana larutan garam dapat mengimbuhkan energi listrik DC atau arus searah. Untuk terbentuknya energi memerlukan logam seng dan tembaga yang bakal diclupkan kedalam larutan garam. Berikut penjelasannya:

Energi alternatif merupakan energi yang selama ini sedang di cari oleh para ilmuan sebagai ubah energi bersama fosil. Para ilmuan benar-benar risau bersama habisnya energi minyak bumi dan batu bara di bumi akibat pemanfaatannya yang benar-benar berlebihan. Sekarang ini banyak negara yang mengembangkan energi alternatif yang digunakan sebagai sumber listik di suatu daerah.
Energi alternatif tersebut diantaranya:

Pembangkit listrik tenaga panas bumi,
Pembangkit listrik tenaga air.
Pembangkit listrik tenaga matahari.
pembangkit listrik tenaga nuklir.
pembangkit listrik tenaga udara.

dan baru-baru ini banyak para ilmuan muda mengembangkan beraneka macam uji coba simple untuk mendapatkan energi listrik secara gratis, diantaranya yaitu dengan:

1.Pembangkit listrik bersama magnet.
2.Pembangkit listrik bersama grafitasi bumi.
3.Pembangkit listrik bersama air garam.

Dibawah ini bakal kami jelaskan bagaimana cara mengakibatkan listrik bersama garam. praktik in sangatlah ringan mengingat bahan-bahan yang dibutuhkan bakal dapat kalian peroleh di toko terdekat.

Bahan yang dibutuhkan adalah:

1.Air garam
2.Seng sebagai anoda bermuatan negatif.
3.Tembaga sebagai katoda bermuatan positif.
4.Kipas angin/ lampu led untuk menguji keberadaan daya/listrik Sejalan (DC)
5.Kabel

Untuk alatnya yaitu terdiri dari:

Gunting
Tang
Botol
Multimeter

Cara kerja:
Masukan larutan garam kedalam botol/wadah
Masukkan logam berbahan seng yang sudah diberi kabel kedalam larutangaram
masukkan logam berbahan tembaga yang sudah diberi kabel kedalam larutan garam
Hubungkan kabel lampu negetaf pada seng dan positif pada tembaga.

2.Energi Alternatif Dengan Magnet
Pastinya anda sudah tidak asing bersama sebagian satu} tipe pembangkit listrik seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), hingga bersama pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Namun bagaimana bersama pembangkit listrik tenaga magnet?

Sebagian berasal dari anda tentu masih sedikit asing bersama makna pembangkit listrik tenaga magnet. Ya, sesungguhnya untuk saat ini pembangkit listrik tipe ini masih digunakan didalam skala yang kecil, tak seperti pembangkit listrik tipe lainnya yang sudah dibikin didalam skala massive untuk mensuplay listrik di suatu tempat.

Nah, untuk menjawab rasa dambakan memahami anda, kali ini Belajar Elektronika bakal membahas mengenai pembangkit listrik tenaga magnet jadi berasal dari prinsip kerjanya, hingga bersama cara membuatnya. Bagi anda yang penasaran dan dambakan memahami Info lengkapnya, silahkan simak baik-baik ulasan terbaru berasal dari Belajar Elektronika tersebut ini.
Cara Buat Pembangkit Listrik Tenaga Magnet

Perlu diketahui bahwa prinsip kerja pembangkit listrik tenaga magnet ini memadai sederhana. Intinya magnet digunakan untuk mobilisasi turbin generator agar menghasilkan energi listrik. Perputaran ini pakai gaya berasal dari arah flux magnetik yang berlawanan agar mengakibatkan magnet lainnya bergerak.

Saat flux magnet yang berlawanan tersebut disusun sedermikian rupa, maka bakal mengakibatkan pergerakan berasal dari magnet lain sehingg perputaran dapat berlanjut secara tetap menerus (continue). Dalam perihal ini magnet berfaedah sebagai rotor. Selanjutnya magnet rotor ini disambungkan ke magnet lain yang berfaedah sebagai generator.

Saat generator bekerja, maka energi berasal dari putaran tersebut bakal dikonversi menjadi energi listrik didalam kuantitas tertentu. Besarnya energi listrik yang dihasilkan tergantung seberapa cepat putaran rotor magnet. Semakin cepat putarannya, maka semakin besar pula energi listrik yang dihasilkan.

Setelah memahami prinsip kerja berasal dari pembangkit listrik tenaga magnet ini sudah pasti anda sudah dapat menerka-nerka bagaimana bentuk fisik berasal dari alat ini. Untuk mempermudah pemahaman anda, tersebut bakal kami lanjutkan informasinya mengenai cara mengakibatkan pembangkit listrik tenaga magnet.

Komponen-komponen yang dibutuhkan:

8 buah magnet bulat sebagai rotor (pilih ukuran paling ringan)
1 buah magnet bekas speaker sebagai stator
1 buah rangka kincir (bisa berasal dari kayu / alumunium?
1 buah LED
1 buah generator mini
Kayu secukupnya
Kawat kumparan secukupnya
Lem
Gunting

Apabila semua komponen (alat dan bahan) sudah siap, lanjut ke proses pembuatan. Pertama-tama rangkaian magnet rotor ke rangka kincir. Setelah itu pasangkan outputnya ke generator. Untuk penyangganya pakai kayu. Untuk memahami apakah tersedia aliran listrik pakai LED.

3.Energi Alternatif Generator Listrik
siapkan pernah sebagian satu} bahan atau komponen yang dibutuhkan untuk mengakibatkan sebuah generator mini simple dan murah. Berikut adalah sebagian satu} komponen yang kudu anda siapkan agar dapat mengakibatkan sebuah generator simple atau generator mini.

Motor DC
Tuas pemutar
Baterai mengisi ulang
Kawat
Kabel
LED

Setelah sepenuhnya siap, segera ke proses pembuatan. Pertama-tama siapkan motor DC (bisa pakai motor DC bekas DVD) bersama tegangan 12 volt. Hubungkan poros motor bersama tuas pemutar agar nantinya motor dapat diputar manual pakai tangan. Setelah itu siapkan baterai mengisi lagi 12 volt.

Hubungkan anoda dan katoda Motor DC (garpu di bagian belakang motor) ke baterai untuk diisi ulang. Setelah itu segera hubungkan baterai ke LED untuk memahami bahwa putaran motor tersebut dapat menghasilkan arus listrik. Atau kecuali anda tidak dambakan pakai baterai

Komponen:

Motor DC
Dioda 4 kaki ( kiprok )
Kapasitor 250 Volt 22nf
Kapasitor 80.000 nf 80 Volt
Kumparan ferrid 17 lilitan
LED secukupnya
Kabel secukupnya

itu saja yang bisa kami beritahukan kali ini,ada pula energi alternatif menggunakan panel surya bisa kalian lihat di Inaport

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..