pengantar
IELTS Writing Task 2 – Posting ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana ‘memperluas penuh dan mendukung’ ide-ide Anda menggunakan contoh.
Contohnya, jika digunakan dengan benar, tidak hanya membantu Anda mendapatkan nilai lebih tinggi untuk ‘Respon Tugas’ tetapi juga untuk ‘Koherensi’. Contohnya membuat tulisan Anda lebih mudah dipahami dengan mengilustrasikan poin lebih efektif. Mereka juga mudah ditulis karena lebih mudah menggunakan contoh daripada mencoba dan menjelaskan masalah yang rumit. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda dapat menyisipkan contoh apa pun dan berharap itu akan memberi Anda nilai tinggi, setiap contoh harus dilakukan dengan benar jika ingin efektif.

Struktur Paragraf
Agar paragraf mudah dipahami harus hanya memiliki satu ide utama. Kesalahan umum oleh siswa IELTS dalam Tugas 2 adalah berpikir bahwa jika mereka memasukkan banyak ide, mereka akan mendapatkan nilai yang lebih tinggi. Padahal, yang terjadi justru sebaliknya. Anda mendapat nilai lebih tinggi untuk mengembangkan ide-ide Anda dengan penjelasan dan contoh. Anda tidak mendapatkan nilai tambahan hanya dengan mendaftar banyak ide.

Kosa kata
Berikut ini dapat digunakan untuk memberikan contoh:

Sebagai contoh,
Contohnya,
Ini diilustrasikan oleh ….
…seperti….
….yaitu….

Anda akan melihat bahwa ini bukan daftar yang sangat panjang. Saya sengaja membuatnya pendek karena dua alasan. Anda hanya akan memiliki waktu untuk memasukkan 2 atau 3 contoh dalam Tugas 2 dan Anda sudah memiliki cukup banyak kosakata baru untuk dipelajari tanpa mencoba mempelajari sepuluh cara berbeda untuk mengatakan ‘Misalnya,’.

Cara Berpikir tentang Contoh

Salah satu keluhan terbesar yang saya dapatkan dari siswa adalah ‘Tapi guru, saya tidak pernah bisa memikirkan contoh!’. Ada solusi yang sangat cepat untuk masalah ini – mengarangnya, atau dengan kata lain, membuatnya. Penguji tidak akan pernah memeriksa contoh Anda untuk keaslian. Mereka tidak peduli apakah contoh Anda nyata atau tidak, hanya saja Anda tahu cara menulisnya.

Anda seharusnya tidak pernah melakukan ini di sekolah atau universitas, hanya ujian IELTS.

Itu selalu lebih baik untuk menulis tentang contoh nyata, tetapi jika Anda tidak dapat memikirkan satu gunakan salah satu contoh di bawah ini:

1. Studi Universitas

Universitas melakukan riset sepanjang waktu dan Anda dapat menggunakan ini untuk menciptakan studi yang mendukung poin utama Anda. Katakanlah poin utama Anda adalah bahwa menggunakan iPad dan iPhone meningkatkan kemampuan membaca di kalangan anak-anak.

2. Polling Opini Pemerintah

Pemerintah sering meminta pendapat warga mereka tentang berbagai masalah dan Anda dapat menggunakan ini untuk mendukung poin utama Anda. Katakanlah Anda mendapat pertanyaan tentang apakah lebih baik untuk mendidik anak-anak di sekolah campuran atau berjenis kelamin tunggal

3. Laporan Surat Kabar

Juga sangat mudah untuk menggunakan cerita surat kabar untuk mendukung pandangan Anda. Katakan pertanyaan Anda meminta Anda untuk berdiskusi apakah menurut Anda video game kekerasan yang harus disalahkan atas meningkatnya tingkat kejahatan kaum muda.

4. Pengalaman Pribadi

Anda juga dapat menggunakan pengalaman dari kehidupan Anda sendiri untuk menggambarkan suatu hal. Secara umum Anda tidak boleh menggunakan kata ganti pribadi dalam Tugas 2, tetapi boleh saja melakukannya di sini. Katakanlah Anda diberi pertanyaan tentang solusi untuk kemacetan lalu lintas.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..