Bagi pasangan yang melakukan promil (program hamil) banyak yang harus dipikirkan, terutama pola makan yang menunjang bagi gizi calon bayi. Promil sebaiknya mulai dilakukan sejak awal sebelum punya anak hingga melahirkan. Anda juga harus memperhatikan menu promil yang tepat bagi ibu yang menunjukkan tanda ovulasi berhasil dibuahi atau hamil muda.

Ada beberapa makanan yang baik untuk pertumbuhan janin yang wajib dikonsumsi bagi ibu hamil. Makanan tersebut mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan bagi perkembangan optimal calon bayi. Berikut menu promil yang disarankan untuk para ibu yang sedang menjalankan program hamil.

  • Zinc

Zinc sangat baik bagi kehamilan, baik untuk kesuburan maupun untuk perkembangan janin. Makanan mengandung zinc dapat Anda konsumsi dari kerang, kepiting, lobster, produk olahan susu, daging sapi, dan gandum utuh (whole wheat).

  • Asam Folat

Asam folat sangat berperan penting dalam pertumbuhan janin. Ibu hamil harus banyak mengonsumsi makanan mengandung asam folat untuk pembentukan DNA, membentuk sel darah merah, membantu kerja zat besi, hingga mencegah cacat pada janin.

Sumber makanan sehari-hari yang mengandung asam folat adalah brokoli, bayam, selada, hati sapi, kacang merah, alpukat, tomat, susu, pepaya, pisang, dan jeruk. Dengan makanan inidiharapkan bisa meningkatkan peluang kehamilan yang sehat.

  • Kalsium dan Zat Besi

Saat Anda menunjukkan tanda ovulasi berhasil dibuahi, Anda juga diharuskan untuk mengonsumsi kalsium dan zat besi. Kalsium memastikan sistem reproduksi bekerja dengan baik. Kalsium memberi manfaat besar bagi ibu hamil dan janin yaitu untuk pembentukan tulang dan gigi, hati, syaraf, dan otot janin. Sementara zat besi berguna untuk pembentukan zat darah merah.

Tidak sulit menemukan makanan yang mengandung kalsium seperti susu dan produk olahannyaSelain itu, kandungan kalsium yang kaya ada di sayuran hijau, tahu, olahan kedelai, dan kacang almond. Makanan yang mengandung zat besi antara lain sayuran hijau, kacang polong, daging sapi tanpa lemak, oatmeal, dan kacang merah.

  • Vitamin E

Menu promil lainnya untuk Anda adalah makanan mengandung vitamin E yang yang bisa dikonsumsi dari telur, ayam, kacang tanah, alpukat, bayam, asparagus, tomat, kedelai, brokoli, lobster, ikan koi, pepaya, dan kacang almond.

Meskipun vitamin di atas bisa didapat dari makanan sehari-hari, belum tentu takarannya sesuai kebutuhan Anda. Karena itu, Anda membutuhkan konsumsi suplemen. Anda juga dapat konsultasi ke dokter kandungan untuk tahu vitamin yang lebih diperlukan dan bagaimana kondisi kehamilan awal yang mungkin sudah dapat terlihat dengan jelas.

Anda bisa mendapatkan suplemen untuk menunjang keperluan vitamin ibu dan janin di orami.co.id dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa cek orami.co.id dan temukan berbagai keuntungan lain untuk ibu dan bayi, seperti informasi yang bermanfaat mengenai tanda ovulasi berhasil dibuahi

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..