Akhir-akhir ini Indonesia tengah dihebohkan bersama maraknya penjualan makanan yang disertai bahan kimia berbahaya. Termasuk daging unggas.

Tujuannya tentu saja supaya makanan tersebut sanggup lebih tahan lama. Tentunya perihal ini amat beresiko bagi pembeli.

kami juga menjual Telur Ayam
Ayam adalah makanan yang amat digemari oleh semua kalangan. Selain rasanya yang nikmat, aneka resep olahan daging unggas ini pun banyak yang menggugah selera, diantaranya adalah opor ayam, ayam goreng, sop ayam, ayam balado, ayam bakar dan masih banyak lagi.

Kandungan Gizi pada Ayam

Selain sesungguhnya rasanya yang enak, ternyata daging unggas ini punya persentase gizi yang bagus lho untuk kesehatan kita.

Untuk persentase gizi daging ayam jangan ditanya lagi, makanan yang satu ini punya persentase gizi yang amat berguna untuk tubuh kita, diantaranya:

  • Protein
  • Kalsium
  • Besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Natrium
  • Seng dan Vitamin

Manfaat Mengkonsumsi Daging Ayam

Semua persentase gizi diatas bagus untuk tubuh kita, faedah daging ayam antara lain:

  1. Sebagai sumber energi
  2. Pembentukan otot
  3. Pembentukan sel darah merah
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh
  5. Dan masih banyak faedah bagi kesehatan lainnya.

Namun layaknya yang kita bahas diawal, saking populernya si daging unggas ini, maka banyak pula pedagang culas yang memakai keadaan.

Banyak cara dilakukan untuk melipatgandakan keuntungan, layaknya mengimbuhkan boraks supaya daging lebih awet.

Ada termasuk yang terkenal bersama istilah ayam “Tiren” a.k.a ayam mati kemaren.

Seperti yang diketahui bersama, ayam tiren itu serupa aja kaya ayam bangkai, di mana untuk umat muslim memakan bangkai itu haram hukumnya.

Jika dinilai dari sisi kesehatan pun itu tidak baik. Yang dimaksud ayam bangkai adalah ayam yang mati tak sekedar dipotong oleh penjagal.

Untuk jauhi hal-hal diatas, maka kita sebagai customer termasuk wajib pintar-pintar memilih ayam yang berkualitas baik dan wajib segera mengunjungi kami karena kami menyediakan  Daging Ayam  yang baik untuk dikonsumsi.

Jika kamu adalah merupakan keliru satu ibu yang sering memproses ayam atau keluarga kamu adalah fans ayam untuk dijadikan lauk pauk, maka kamu wajib tau cara nya untuk memilih ayam yang baik dan sehat.

Apalagi kasus flu burung kadang-kadang masih samar-samar terdengar dan berjalan di sekitar kita. Belum kembali ayam tiren (mati kemarin) yang dijual pedagang ‘nakal’. Salah mengkonsumsi daging ayam sanggup membawa dampak tidak cukup baik pada kesehatan.

Untuk itu maka lebih safe belanja ayam mentah bersama bersandar pada ciri ciri daging baik dan sehat. Baiknya belanja ayam wajib memilih yang kulitnya masih nampak segar, lembut, pori kulitnya licin dan juga kakinya tidak memar.

Berikut ini adalah beberapa tips cara memilih daging ayam fresh dan berkualitas:

1. Tekstur daging ayam

Cara memilih daging ayam yang pertama adalah bersama menyimak tingkat kekenyalan atau tekstur daging.

Ketika Anda memilih ayam, tekan-tekanlah daging bersama jari telunjuk Anda.

Ayam yang masih fresh itu punya tingkat kekenyalan yang baik dan agak padat.

Jika Anda tekan daging tersebut, maka bakal terasa kenyal dan cepat kembali pada posisi semula alias agak padat.

2. Warna daging ayam

Perhatikanlah warna daging ayam tersebut. Carilah warna daging yang putih krem kemerah-merahan.

Jangan memilih yang berwarna putih pucat. Biasanya daging yang telah berwarna pucat, itu tandanya daging telah tidak fresh kembali atau telah disimpan amat lama.

3. Bau khas ayam

Anda tentu telah tau bagaimana bau daging ayam fresh kan?

Dekatkan hidung Anda ke daging, didalam jarak yang tidak amat dekat maka aroma khasnya telah tercium, tidak wajib amat dekat.

Jika baunya menyengat (bau khas bahan kimia) atau busuk, Anda wajib waspada, dikhawatirkan ada intervensi bahan kimia didalam ayam tersebut. Segera tinggalkan!

4. Ayam dihinggapi lalat

Nah, sesungguhnya ini adalah cara memilih daging ayam yang paling alami.

Jika Anda berbelanja, perhatikanlah daging tersebut, kecuali masih dihinggapi lalat, bermakna daging tersebut masih segar.

Ayam yang dihinggapi lalat adalah keliru satu indikator alami kesehatan daging ayam tersebut.

5. Harga yang wajar

Jangan ringan terbuai bersama harga yang murah, lebih-lebih jauh dibawah harga pasaran. Tetaplah jeli dan bijak didalam perhitungkan harga.

Daging ayam fresh biasanya wajib dimasak hanya tahan 4-6 jam setelah dipotong, tetapi ayam fresh dingin hanya tahan 24 jam setelah dimasukkan kedalan chiller /lemari es, tetapi ayam fresh beku tahan {beberapa|sebagian|lebih dari satu} hari kecuali disimpan didalam keadaan yang tepat 24 derajat C di bawah nol, ada termasuk yang lebih senang ayam broiler dikarenakan cenderung lebih gemuk dan harganya termasuk terjangkau.

Selain itu, Anda sanggup belanja daging ayam di daerah penjaja yang terpercaya. Biasanya pedagang tersebut telah dikenal dari mulut ke mulut.

Dan jangan lupa, kecuali memasak ayam itu wajib amat matang, dikarenakan ayam mentah punya kandungan bakteri salmonella yang beresiko bagi tubuh.

Apabila Anda tidak dambakan segera memproses ayam menjadi menu masakan, lebih baik sebelum akan disimpan dicuci bersih dan ditiriskan lebih-lebih dahulu. Simpan didalam wadah tertutup dan tempatkan di freezer.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..