Jogja terkenal dengan objek-objek wisatanya yang beragam baik dari segi tema maupun harga tiket. Banyak objek wisata yang ada di Jogja memiliki tiket objek yang sangat murah bahkan ada yang gratis alias tidak membayar. Objek-objek wisata tesebut sebut saja Kawasan Jalan Malioboro, Alun-Alun Selatan atau Alkid, Jurang Tembelan, dan masih banyak lagi. Wisatawan bisa berwisata di tempat tersebut tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Walau gratis, objek-objek wisata tersebut tidak kalah menarik bahkan sangat populer bagi para wisatawan. Berikut informasi singkat mengenai kawasan tempat wisata tersebut untuk menambah informasi para wisatawan yang datang ke Jogja.

  1. Malioboro

Objek wisata yang pertama adalah Jl. Malioboro. Siapa yang tidak tahu jalan ini yang telah menjadi salah satu ikon pariwisata di Jogja. Malioboro sekarang telah ditata sehingga membuat para wisatawan menjadi nyaman saat berkunjung di kawasan ini. Trotoar telah dirapikan agar pejalan kaki tidak terganggu dan juga fasilitas umum dibangun untuk menambah kenyamanan para wisatawan. Tentu saja wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk karena Malioboro merupakan ruang publik yang diteruntukkan untuk masyarakat Jogja dan juga para pengunjung. Wisatwan bisa berfoto di papan jalan Malioboro atau duduk santai di kursi yang disediakan.

  1. Alun-Alun Selatan (Alkid)

Alun-alun selatan atau biasa disebut Alkid merupakan salah satu objek wisata yang mana pengunjung tidak perlu membayar jika datang ke tempat ini. Sama dengan Malioboro, Alkid juga merupakan ruamh publikuntuk masyarakat Jogja dan sekitarnya. Tempat ini akan mulai ramai saat sore hari dimana wisatawan akan menikmati suasana yang ada di sini. Di Alkid wisatawan bisa bersantai di sekitar alun-alun sembari berjalan mengelilingi alun-alun yang tidak begitu luas. Pengunjung bisa juga bersantai dan menikmati jajananyang ditawarkan oleh para pkl yang berjualan di sekitar alun-alun. Alkid juga terkenal dengan permainan Masangin yang merupakan singkatan dari masuk antara dua beringin. Permainan ini sangat terkenal dimana orang yang akan mencoba permainan ini matanya akan ditutup dan kemudian akan berjalan menuju ke ara pohon beringin. Jika pemain berhasil melewati gang antara kedua beringin maka dia berhasil. Pengunjung bisa juga menyewa sepeda hias untuk berkeliling alun-alun bersama saudara atau rekan.

  1. Jurang Tembelan

Tempat wisata gratis berikutnya berada di Mangunan, Imogiri, Bantul yaitu Jurang Tembelan. Untuk masuk kesini, wisatawan tidak akan dimintai uang tiket hanya akan dimintai uang seiklasnya. Di Jurang Tembelan, wisatawan bisa berfoto di tempat-tempat yang telah disediakan pengelola seperti perahu, gardu pandang, kupu-kup, dan lain sebagainya. Instalasi yang palin disukai para wisatawan adalah perahu. Perahu in terbuat dari kayu dan bambu yang mana menghadap ke arah lembah. Foto yang dihasilkan akan sangat indah karena seakan sedang berlayar di atas udara dengan pemandangan lembah yang indah.

Demikian objek-objek wisata yang gratis di Jogja. Masih banyak lagi objek wisata gratis lainnya yang ada di Jogja dan akan kami bahas di lain kesempatan. Mungkin objek wisata tersebut bisa menjadi pilhan saat paket wisata di Jogja.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..