SSH adalah aplikasi pengganti koneksi jarak jauh seperti telnet, rsh dan rlogin, yang jauh lebih aman. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengakses mesin dari jarak jauh. Sama seperti telnet, klien SSH memberi pengguna Shell koneksi jarak jauh ke mesin. Tidak seperti telnet, SSH menyediakan koneksi enkripsi antara klien dan server. Dalam praktiknya, penggunaan telnet dan ssh membuat perbedaan dengan akses ke situs web normal dengan situs web yang lebih aman (HTTPS).

Manfaat SSH

Dengan menggunakan SSH, Anda dapat bergerak dengan bebas dalam struktur file akun hosting. Anda juga dapat melakukan tugas-tugas seperti memantau file log dan memulai atau menghentikan layanan (valid di VPS / layanan khusus). Anda bahkan dapat menggunakannya untuk menginstal perangkat lunak pada akun hosting Anda atau untuk mengelola database MySQL. SSH memungkinkan Anda melakukan lebih dari standar Web.

Keuntungan menggunakan SSH

SSH memungkinkan enkripsi data sehingga kemungkinan berbahaya tidak dapat mengakses informasi pengguna dan kata sandi. SSH juga dapat menembus protokol lain seperti FTP. Berikut adalah beberapa hal spesifik yang SSH berikan perlindungan:

DNS Spoofing

Jenis serangan peretasan ini dilakukan dengan memasukkan data ke sistem domain tempat server nama menyimpan basis data. Ini akan menyebabkan nama server pada alamat IP yang salah sehingga dapat mentransfer lalu lintas ke komputer lain.

Manipulasi Data

Penyerang mendapatkan atau memodifikasi data dari perantara di sepanjang rute jaringan. Ini sering dilakukan pada router di mana data dimasukkan dari gateway atau titik kontrol dalam perjalanan ke tujuan.

IP Address Spoofing

IP Spoofing berfungsi dengan menyembunyikan alamat IP dengan membuat paket IP yang berisi alamat IP palsu untuk mereplikasi koneksi lain dan menyembunyikan identitas saat mengirim informasi.

Untuk mendapatkan akun dan menggunakannya , Anda dapat memperoleh akun SSH gratis dari jagoanssh, asalkan kondisinya didasarkan pada basis server Linux. Tentu, SSH digunakan untuk berinteraksi dengan server sehingga dengan PC Anda, di mana pun Anda berada, Anda selalu dapat melakukan aktivitas kontrol server melalui SSH ini. Oleh karena itu, VPS / Colocation / Dedicated Server di MWN juga memiliki fitur SSH.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..