Seringkali orang – orang bertanya apa itu ebook dan banyak yang belum mengetahuinya. Ebook atau sama saja dengan buku-e yang berarti buku elektronik. Buku elektronik ini merupakan buku yang dalam versi elektronik.

Ebook ini sebenarnya sama saja dengan buku yang ada pada umumnya yaitu yang berupa lembaran – lembaran kertas yang berisi teks atau serta gambar namun ebook ini berbentuk elektronik dan berisi informasi digital yang hal ini dapat berupa teks atau serta gambar.

contoh gambar pdf

Buku elektronik atau ebook ini dapat dibuka dengan software atau perangkat lunak yaitu microsoft word, adobe acrobat maupun yang lainnya yang sesuai dengan apa yang anda miliki untuk membuka buku elektronik tersebut.

Format – Format Buku Elektronik Atau Ebook

Buku elektronik atau ebook ini mempunyai beberapa format yang dapat juga di buka di berbagai aplikasi yang mensupport ebook itu sendiri dan format – format dari buku elektronik atau ebook itu sendiri yaitu sebagai berikut :

  1. Format Teks polos

Format yang paling sederhana dari buku elektronik ini adalah format teks polos. Format ini bahkan sering dipakai dan format ini menggunakan perangkat lunak yang merupakan komputer personal. Untuk beberapa devais mobil format bisa anda baca dengan menggunakan perangkat lunak yang sebelumnya harus anda instal terlebih dahulu.

  1. Format JPEG

Format JPEG adalah format yang digunakan untuk gambar, pada buku elektronik ini format JPEG merupakan format gambar seperti yang biasanya ada dan ukuran dari JPEG ini memiliki ukuran yang sangat besar jika dibandingkan dengan teks yang berada di dalamnya.

Dengan adanya hal tersebut format JPEG ini jarang ditemukan pada ebook dengan banyak teks melainkan format JPEG ini lebih sering digunakan untuk dalam bentuk ebook berupa komik – komik atau manga yang berupa banyak gambar – gambar dibandingkan dengan teks dan hal ini dapat dibaca dengan sangat mudah dan juga jelas.

  1. Format PDF

Format PDF ini merupakan format yang memiliki bentuk sangat mirip dengan buku sebenarnya dari buku elektronik tersebut. Pada format PDF ini memiliki suatu kelebihan yaitu dengan menggunakan format PDF maka sangat mudah untuk dicetak dan format yang juga siap jika untuk dicetak.

Selain itu, format PDF juga memiliki kelebihan yang lainnya yaitu memiliki suatu fitur seperti fitur pencarian yang berguna untuk yang memudahkan anda dalam mencari kata – kata. Kemudian, fitur daftar isi sehingga memudahkan anda dalam mencari halaman – halaman yang anda inginkan.

Selain itu, format PDF juga memiliki untuk memuat gambar yaitu dapat menampilkan gambar – gambar. Kemudian, pranara luar serta adanya multimedia yang sangat memudahkan anda dalam menampilkan sesuatunya. Kalian juga bisa baca cara gabung pdf online di artikel ini

  1. Format Docx

Format ini merupakan format yang banyak sekali orang memakainya karena penggunaannya sangat mudah dan juga dapat dibuka dimana saja. Buku elektronik dengan format docx ini dapat anda temukan banyak sekali di internet.

Dengan adanya hal tersebut anda tidak akan kesulitan dalam mencari ebook dengan format ini karena format ini banyak sekali keberadaannya di internet dan dapat dibuka dimana saja.

Buku elektronik bagi beberapa orang merupakan buku yang lebih mudah dibaca dimana saja dibandingkan dengan buku dalam bentuk lembaran – lembaran kertas dan buku elektronik ini memiliki kelebihan yaitu anda dapat mencari kata – kata karena buku elektronik ini terdapat fitur pencarian. Oleh karena itu memudahkan anda jika ingin mencari kata – kata sehingga mudah ditemukan.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..