Anak adalah amanah dari Tuhan, untuk itu kita sebagai orang tua harus menjaga serta merawat amanah itu dengan sebaik mungkin. Karena walau bagaimanapun anak ini akan menjadi penerus keluarga pada masa yang akan datang yang tentunya akan menghadapi berbagai tantangan yang akan lebih berat lagi yang akan dihadapi oleh anak-anak kita. Untuk itu kita harus mempersiapkan anak-anak supaya menjadi generasi yang tangguh, generasi maju, dan generasi yang lebih cerdas.

Untuk mempersiapkan generasi yang lebih tangguh, maju, dan cerdas tersebut tentunya anak kita harus sehat secara fisik maupun rohaninya. Kalau kesehatan rohaninya kita bisa memberikan berupa ajaran agama. Sedangkan untuk fisiknya kita harus memberikan makanan yang halal dan baik bagi anak-anak kita. Ngomong-ngomong soal makanan, kita sebagai orang tua kadang merasa kesulitan untuk membuat anak menjadi lahap untuk makan. Hal ini tentunya akan membuat jengkel orang tua karena anaknya tidak mau makan. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan memberikan trik jitu supaya anak mau makan dengan lahap sebagai berikut :

  1. Membuat Variasi Makanan

Penyebab seorang anak tidak mau makan itu bisa karena anak ini tidak suka dengan apa yang telah ibunya sajikan, atau juga anak ini bosan dengan apa yang sudah ibunya siapkan untuknya. Jika ini penyebabnya, maka sebaiknya seorang ibu ini membuat variasi makanan setiap harinya sehingga anak merasa tidak bosan. Dan juga biarkan anak untuk memilih sebuah makanan yang menjadi kesukaannya.

  1. Buat Makanan Dengan Cara Penyajian Yang Unik Dan Menarik

Penyebab lain anak tidak mau makan, adalah karena merasa kurang tertarik dengan apa yang sudah ibunya sajikan. Misalnya jika seorang anak suka dengan model model makanan yang tersaji di sebuah cafe atau restoran, maka ketika ibu akan memberikan nasi goreng untuknya maka sajikanlah nasi goreng itu seperti sajian di sebuah cafe atau restoran. Misalnya nasinya itu dicetak di dalam mangkuk kecil, sehingga nanti nasi itu akan berbentuk seperti mangkuk pada saat diatas piring. Anda bisa melakukan cara yang satu ini, dengan cara yang satu ini tentunya si kecil akan tertarik untuk melakukannya. Yah, anda bisa menyajikan menu sarapan yang menarik supaya anak mau sarapan. Dan berikan makanan kesukaan anak anda, entah itu telur ceplok atau dadar, ayam goreng, sayur bayam dan lain-lainnya. Sehingga, anda bisa mengkreasikan makanannya dengan bentuk nasi menjadi bola-bola atau kepala boneka, telur dadar sebagai selimut, dan sayur brokoli sebagai rambutnya. Selain itu juga, berikanlah menu sarapan yang berbeda-beda setiap harinya agar anak tidak cepat bosan.

  1. Sajikan Makanan Dalam Porsi Kecil

Seorang anak tidak mau makan, bisa saja terjadi karena ibunya itu selalu memberikan makanan yang banyak untuknya. Hal ini tentunya akan membuat anak merasa tidak mampu untuk menampung makanan yang diberikan ibunya, karena lambung anak ini kecil. Sehingga seorang ibu ini sebaiknya memberikan makanan dengan porsi yang kecil untuk anaknya itu.

  1. Buatlah Suasana Yang Menyenangkan Saat Makan

Terkadang seorang ibu mengancam dan menakut-nakuti akan menghukum anaknya ketika tidak mau makan banyak. Secara psikologi, ini akan membuat anak merasa jika pada saat makan itu adalah saat yang tidak akan menyenangkan untuknya. Maka sebaiknya, seorang ibu ini membuat suasana yang menyenangkan ketika menyuruh anaknya makan.

Itulah beberapa tips agar si kecil mau makan dengan lahap, yang tentu saja bisa bunda coba sendiri.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..