Rumah Adat NTB Bale

Rumah Adat Bale adalah rumah adat Nusa Tenggara Barat dari suku Sasak yang berada di Dusun Sade, Desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Dusun Sade ini masih setia menjaga kelestarian rumah adat ini hingga masih tetap dapat kita lihat sampai saat ini.

Suku Sasak sendiri mempunyai beberapa peraturan saat ingin membangun rumah adat bale ini yaitu dengan menentukan waktu untuk membangun sebab mereka yakin bila tidak mengikuti ketentuan, maka mendapatkan nasib yang jelek saat mendiami rumah itu.

Rumah adat Nusa Tenggara Barat yang berada di Dusun Sade ini mempunyai beberapa jenis bale yang semua atapnya terbuat dari jerami atau alang-alang dan mempunyai manfaat yang berbeda dan yang paling penting dapat menabah konsep rumah klasik pada bangunan tersebut.

Beberapa macam bale itu salah satunya ialah bale bonter, bale jajar, bale tani, berugag atau sekepat, sekenam, bale tajuk, bale bencingah, bale tajuk, bale gunung rate, bale balaq dan bale kodong.

Rumah Klasik Adat NTB Bale Lumbung

Rumah klasik

Nama rumah adat Nusa Tenggara Barat yang ditetapkan menjadi salah satunya ciri khas dari rumah adat suku Sasak, Pulau Lombok. Model rumah adat ini begitu unik serta berlainan dengan bangunan adat lainnya yaitu seperti rumah panggung akan tetapi dengan sisi ujung atap yang runcing serta melebar dan sedikit lurus mengarah bawah dan tidak pula meninggalkan desain rumah klasik pada saat proses pembuatannya.

Dan sisi bawahnya kembali melebar dengan jarak atap pada 1.5 meter sampai 2.0 meter dari tanah serta mempunyai diameter 1.5 meter sampai 3.0 meter.

Atap serta bubungan rumah adat Nusa Tenggara Barat ini terbuat dari jerami atau alang-alang yang terdapat di wilayah itu, dan sisi dinding terbuat dari anyaman bambu atau bedek. Untuk ruang lantai menggunakan papan kayu serta disangga dengan empat buah tiang yang terbuat dari tanah serta batu untuk pondasinya.

Untuk sisi atap dari bale lumbung ini dipakai untuk menaruh padi dari hasil beberapa kepala keluarga. Bentuk dari rumah panggung ini mempunyai tujuan supaya tidak gampang rusak oleh terserang banjir dan serangan hama seperti tikus. veryverymuch.com

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..