Tips mencetak kenari untuk lagu-lagu isian – Halo sobat kicau, burung Kenari masih masih menjadi burung favorit yang dipelihara para pecinta burung di indonesia. Pasalnya, burung ini memiliki suara yang merdu dan panjang sehingga sangat cocok dinikmati suara dan tingkah polahnya ketika dipelihara dalam sangkar. Sayangnya suara ngerol yang khas dari suara burung Kenari bagi sebagian penghobi dianggap kurang menarik. Akhirnya para kicaumania kini mulai melirik kenari dengan lagu-lagu isian untuk dipelihara dan pengembangbiakan.

Burung Kenari

Nah, untuk Anda para pemula yang ingin mencetak kenari isian, harus memperhatikan berbagai hal agar sukses. Pasalnya,  mencetak kenari dengan lagu isian bukanlah perkara mudah. Butuh ketekunan dan kesabaran agar burung yang dipelihara bisa mengeluarkan berbagai lagu isian yang diajarkan.

Dibawah ini ada beberapa tips mencetak kenari untuk lagu-lagu isian yang bisa Anda coba

1. Usia burung kurang dari 3 bulan

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam mencetak burung kenari isian, Anda bisa memelihara burung kenari dengan usia kurang dari 3 bulan. Dalam usia tersebut, kenari paud dianggap bisa mendengar, mempelajari, dan merekam suara – suara burung lainnya. Usahakan pula, kenari bakalan yang dipilih berasal dari keturunan yang berkualitas agar kualitas suara dan iramanya lantang.

2. Memaster dengan burung atau MP3

Ada berbagai cara untuk mengajari kenari muda agar bisa berkicau dengan lagu-lagu isian. Cara yang pertama ialah menggunakan guru vokal burung kicau seperti Blackthroat, Sanger, Gelatik, hingga Cililin. Anda bisa memaster kenari mudah dengan burung master dalam ruangan atau kamar khusus.

Gantung sangkar kenari dan burung lainnya dalam posisi sejajar. Kalau ruangan luas, Anda juga bisa meletakkan sangkar berisi kenari di bagian tengah ruangan dan burung – burung kicau lainnya di pinggir. Ingat beri kerodong berbahan kain tipis pada sangat kenari atau sesuaikan dengan karakter burung.

Cara kedua dalam mengajari kenari yakni menggunakan file MP3. Kamu bisa menggunakan audio rekaman dengan suara yang jernih agar hasilnya maksimal. Tempatkan burung kenari  bersama perangkat audio di ruangan kecil. Per dengarkan audio dengan volume yang sedang saja.

3. Waktu pemasteran

Agar suara burung kenari isian maksimal, Anda bisa melakukan pemasteran dalam berbagai waktu baik pagi, siang, sore bahkan malam hari. Yang perlu diperhatikan ialah tetap memberi jeda istirahat pada burung.

Selamat mencoba.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..