Tren Teknologi PC Efisiensi & Performa


Game Hd Offline – Walau pasarnya cenderung stagnan, inovasi teknologi PC terus bergulir. Pengguna PC masih bisa menikmati prosesor yang lebih bertenaga dan efisien dalam konsumsi daya di tahun 2014. Platform PC pun dioptimalkan dengan SSD yang lebih awet, HDD lebih besar, dan standar RAM baru. CPU High-End terbaru Intel dan AMD sama-sama merilis CPU baru yang lebih cepat dan efisien daya. AMD memulainya dengan merilis CPU server berarsitektur ARM A57, Opteron A1100 1 , yang hemat daya dan CPU Kaveri untuk notebook dan PC. Berkat peningkatan proses produksi 30%, Intel akan merilis update CPU Haswell dan chipset 9-series dengan interface SATA Express di paruh kedua 2014. Standar interface dengan transfer rate 12 Gbps tersebut akan menggantikan standar SATA 3.06G (6 Gbps) yang dipakai saat ini.

SATA Express juga lebih optimal untuk media SSD tercepat saat. Tahun ini pun juga ditandai dengan hadirnya controller pertama USB 3.1 yang mengusung bandwidth 10 Gbps. Generasi terbaru CPU Intel Broadwell 2 dengan transistor lebih kecil (14 nm) juga diperkenalkan di paruh kedua tahun ini. Menurut Intel, Broadwell akan lebih hemat 30% dengan performa sama. Kelak, notebook berbasis Broadwell yang sanggup bertahan hingga 15 jam akan menjadi standar notebook di pasaran. Broadwell untuk mobile platform dengan chip graphics terintegrasi juga sanggup mendukung feature gesture control (ala Kinect) di Ultrabook dengan bantuan kamera stereoscopic. Model tertentu Broadwell bahkan bisa berjalan tanpa pemakaian kipas.

In berarti Intel siap menghadirkan CPU dengan performa yang jauh lebih cepat dibandingkan mobile chip Atom mereka terdahulu yang saat ini digunakan pada smartphone dan tablet. Kehadiran CPU Haswell-E 3 tahun ini dijadikan Intel sebagai momen unjuk kebolehan mereka di jajaran CPU dengan performa super cepat. CPU seri Haswell dengan 8 core diprediksi akan menjadi pemenang dalam berbagai pengujian performance benchmark, terutama karena dukungannya pada memori (RAM) generasi terbaru DDR4.

SMR Drive Berkapasitas 10 TB

Seagate akan merilis HDD 6 TB dengan teknologi SMR (Shingled Magnetic Recording). Teknologi ini diharapkan bisa mendongkrak kapasitas hingga 8 – 10 TB dengan membuat track data yang saling overlap (seperti genteng) dan lebih ramping. Di sini, head baca (lebih ramping daripada head tulis), akan melacak bit dari ruang yang lebih sempit. Dengan demikian, densitas drive dan kapasitas data pun bisa ditingkatkan.

Author

Penulis aktif namun masih seperti daun yang hijau, masih butuh belajar dan belajar, berharap bisa memberikan inspirasi kepada semua pembaca blog ini. Salam sukses selalu. Keep share and spirit..